Auto Translation
English Arabic Chinese (Simplified) Danish Dutch Finnish French German Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish Swedish Indonesian Hungarian Thai Turkish
Saung Domba Update
Produk Saung Domba


Saung Domba on Media
Partner Sponsor
Beranie Gagal! Motivate Yourself!
Games Peternakan Domba
Kirim Pesan
Daftarkan Email Anda
Silahkan masukan Nama & Email Anda untuk mendapatkan info terbaru dari Saung Domba
Nama:
Email:
Saung Domba Online

(Stok & Harga Domba)


(Saung Domba & Info Domba)

Info Marketing & Produk :
021 786 3834
021 9425 0738
Harga Bibit Domba :
0821 1306 7334
info@saungdomba.com

Hari kerja : Senin - Sabtu
Jam kerja : 08.30 - 17.00 WIB

Saung Domba @ Android

Follow Us @ Twitter
Jemput Rezeki Anda!
Komentar Terakhir
  • Saya Berharap bisa komunikasi lwt email.. Soalnya ... Lanjut...
    21.10.14 12:01
    Oleh : maryono
  • Selamat siang mas,,, saya tertarik dg percakapan s... Lanjut...
    21.10.14 11:56
    Oleh : maryono
  • kontak saya di elharianto@gmai l.com Lanjut...
    19.10.14 09:17
    Oleh : el harianto
  • bisa kerjasama ( bagihasil) dengan Ichwan Razoki L... Lanjut...
    19.10.14 09:16
    Oleh : el harianto
  • I have been surfing on-line greater than 3 hours t... Lanjut...
    19.10.14 07:11
    Oleh : Lavonne
We have 26 guests online
mod_vvisit_counterHari ini201
mod_vvisit_counterKemarin813
mod_vvisit_counterMinggu ini1918
mod_vvisit_counterMinggu lalu6247
mod_vvisit_counterBulan ini20815
mod_vvisit_counterBulan lalu25107
mod_vvisit_counterTotal visit891096

23 Oktober 2014
Saung Domba International

Peluang Usaha

AGRIBISNIS; http://peluangusaha.kontan.co.id

Kamis, 03 November 2011 | 15:24  oleh Dea Chadiza Syafina

Sumber : Agus Ramada Setiadi, pemilik PT Villa Domba Niaga dan Doddy Domba, Pemilik Saung Domba International

Beberapa peternak memilih domba garut karena punya banyak keunggulan. Selain penampilan fisik, bobot bersih daging domba terbilang tinggi. Rasa daging domba pun lebih lezat ketimbang kambing. Menjelang hari Idul Adha menjadi saat panen peternak domba.

Salah satu hewan ternak yang memiliki potensi bisnis cukup menarik adalah domba garut (Ovis aries). Domba seperti halnya kambing, kerbau, dan sapi,tergolong dalam famili bovidae. Domba garut merupakan hasil persilangan segi tiga antara domba kampung, merino, dan domba ekor gemuk dari Afrika Selatan.

Selain daging, susu domba juga memiliki nilai gizi tinggi. Manfaat lain dari domba adalah bulunya yang bisa menjadi bahan industri tekstil.

Agus Ramada Setiadi, pemilik PT Villa Domba Niaga di Desa Jatisari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, memilih beternak hewan herbivora ini karena memiliki banyak keunggulan. Dari tampilan fisik, domba garut memiliki rangka badan yang tinggi dan tegap, bulu yang tebal dan mengkilap serta tanduk yang unik.

Selain tampilan fisik, kelebihan domba garut lainnya adalah bobot bersih dagingnya. Dengan berat saat hidup mencapai 32 kilogram (kg), daging yang didapat saat karkas bisa mencapai 50%. "Ini jauh lebih banyak ketimbang kambing atau domba lain yang persentase karkasnya hanya sebesar 35%-40%," kata Agus.

Domba garut bisa mengalami kenaikan berat badan yang signifikan setiap bulan, yakni sebesar 2,5 kg sampai 3 kg. Selain itu, tanduk yang estetis memiliki nilai jual tinggi.

Khusus untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha tahun ini, Agus telah menjual 1.000 ekor domba garut. Permintaan datang dari Jabodetabek, Subang, Cirebon dan Purwakarta.

Penjualan saat Idul Adha menjadi puncak bisnis Agus, karena ia memang fokus untuk menjual domba garut pada hari raya ini. Ia menjual domba dengan harga Rp 1,35 juta per ekor.

Meski begitu, Agus tetap melayani permintaan domba untuk akikah dan penjual satai. Setiap bulan, ia mampu menjual 100 ekor domba dengan harga mulai Rp 1 juta per ekor.

Peternak domba Garut lainnya adalah Hardiansyah Ismail. Pemilik Saung Domba Internasional di Bogor ini membudidayakan domba garut baru tiga tahun lalu.

Ia melihat pasar yang potensial dari domba garut karena masyarakat di luar ngeri lebih mengenal kelezatan daging domba ketimbang kambing. "Potensi pasarnya besar, selain memenuhi kebutuhan dalam negeri, domba garut juga punya peluang untuk mengisi pasar ekspor," ujar Dodi, panggilan akrab Hardiansyah.

Selain itu, kandungan protein dan kadar air domba lebih tinggi dibandingkan dengan kambing. Tak heran, harga domba garut ini lebih tinggi ketimbang kambing atau juga domba lainnya.

Dalam sebulan, Dodi mengaku bisa menuai permintaan domba hingga 110 ekor. Seperti pembudidaya lainnya, selain penjual satai, Dodi juga menerima permintaan domba untuk akikah.

Saat-saat menjelang Idul Adha merupakan masa panen bagi Dodi. Permintaan domba di peternakannya mencapai 170 ekor.

Tak hanya permintaan, harga jual domba garut pun ikut terdongkrak. Untuk domba garut dengan berat berkisar 24 kg hingga 28 kg, Dodi mematok harga Rp 1,2 per ekor. Untuk domba Garut dengan berat 29 kg sampai 32 kg dibanderol sebesar Rp 1,45 juta. Adapun domba seberat 33 kg sampai 37 kg harganya Rp 1,6 juta.

(Bersambung...)

"Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut."

Link : http://peluangusaha.kontan.co.id/v2/read/1320308691/81762/Domba-garut-Tampilan-eksotisnya-mendongkrak-harga-jual-1-



Jika Anda suka, bagikan artikel ini ke teman Anda. Terima kasih..

Tambah Komentar

Kode keamanan
Perbarui